Selasa, 21 Februari 2012

Karma Does Exist


Karma Does Exist
(Karma Itu Berlaku)


Pada hari minggu pada tanggal 29 Januari 2012 saya datang di salah satu wihara yang ada di Jakarta yang berlokasi di daerah Sunter.
Pada hari itu saya mendengarkan darma tentang Karma,
Karma adalah akibat yang diterima oleh manusia atas hal yang pernah dia lakukan di masa lampau ataupun di kehidupan sebelumnya.
Hari ini saya mendengarkan cerita tentang karma, karma tidak selalu buruk, karma bisa berakibat baik,
tergantung apa yang telah dilakukan orang tersebut dimasa lampau , apabila yang dilakukan baik , maka akan berdampak baik , dan apabila yang dilakukan buruk , akan berdampak buruk pula.
Hari ini saya mendengarkan cerita tentang pekerja aborsi dan akibatnya yang diterima di masa mendatang.
Ayat Dhammapada syair ke-17 berbunyi :

"Di dunia ini Ia menderita, Di dunia sana Ia menderita. Perilaku kejahatan menderita di kedua dunia itu, Ia meratap ketika berpikir, "Aku telah berbuat jahat", dan Ia akan lebih menderita lagi ketika berada di alam sengsara."

45 Tahun yang lalu di Thailand terdapat seorang wanita yang bernama Duen , hidup dia amatlah jaya pada masa itu , itu disebabkan karena pekerjaannya yang ditekuninya dan telah membuahkan hasil yang melimpah, namun pekerjaannya tidaklah benar , pekerjaannya adalah penggugur kandungan.
Dia sudah sering ditegur serta dinasehati oleh para Bhikkhu, namun dia tidak mendengarkan, dia hanya bilang bahwa dia akan berhenti dari pekerjaannya bila sudah kaya , dan berkecukupan.
Memang dia kaya , dia dapat memiliki rumah mewah serta isinya , uang yang banyak , serta dapat menikahi laki-laki pilihannya.
Namun 2 bulan kemudian , rumah dia terbakar , habis dan tidak bersisa , dan akhirnya dia dan suaminya pindah kerumah gubuk yang sangatlah sederhana.
Setahun kemudian pernikahan mereka dibuahi oleh seorang anak yang gemuk , lucu , dan sangatlah menggemaskan, kelahiran dia membuat kebahagiaan bagi pasangan suami istri tersebut.
Karena mereka tinggal digubuk, maka anjing disana dapat keluar masuk gubuk mereka dengan mudah, dan setiap hari, beras yang telah mereka kumpulkan dengan susah payah dicuri oleh mereka.
Pada suatu hari mereka memutuskan untuk mengatur sebuah rencana jahat untuk anjing tersebut.
Pada malam hari mereka menutup lampu dan pura-pura tertidur, pada suatu saat mereka mendengar suara aneh , maka dengan cepat , suami Duen mengambil pisau , dan secepat kilat memenggal leher asal suara tersebut , tanpa bisa mengeluarkan suara, dengan puas mereka memotong-motong bagian dari suara aneh tersebut menjadi 12 bagian.
Pada saat dinyalakan pelita, tatkala , ternyata anak dari pasangan suami istri tersebut lah yang dipotong-potong, dibunuh dan dicincang.
Yang terlihat dari bayi tersebut hanyalah lumuran darah dan bagian tubuh yang tidak berbentuk
Duen menangis histeris sekeras-kerasnya hingga pingsan.
Besoknya setelah dikremasi, suami Duen ditahan akibat pembunuhan kejam dan terencana, sementara Duen menjadi gila akibat rasa sedih dan perasaan bersalahnya yang begitu mendalam.
Dari yang saya kutip dari cerita tersebut adalah, semua yang kita lakukan sekarang dapat kembali lagi pada kita dimasa mendatang, karena Karma itu ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar